Halaman

Jumat, 13 Maret 2015

Resume Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Pertemuan Ke-2



Selasa, 17 Febuari 2015
Di Ruang 306 Fakultas Ilmu Pendidikan, pertemuan tatap muka kedua pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Peraturan mengenai perkuliahan sudah diterapkan pada pertemuan kali ini. Awal pembahasan, kami membahas terkait tugas pertemuan yang pertama yaitu mengenai “Mengapa Kita Perlu Mempelajari pemasaran?” . PPT yang digunakan pada hari itu menggunakan bahasa inggris, namun dalam pembahasan ini saya mencoba menjelaskan dengan bahasa Indonesia.

Pertama Banyak faktor yang dapat berkontribusi untuk membuat bisnis itu sukses.
Banyak sekali faktor yang dapat membuat bisnis itu sukses, misalnya saja pelanggan yang baik, cara atau teknik menjual, konsumen sasaran, dan lain-lain.

Kedua Bagaimana perusahaan itu memuaskan konsumen yang menjadi sasarannya.
Seperti yang dijelaskan bahwa fokus utama suatu perusahaan itu tertuju pada pembeli, jadi perusahaan harus berupaya sedemikian mungkin untuk memuaskan konsumen yang menjadi sasaran bisnisnya. Misalnya saja pegawai-pegawai administrasi pendidikan yang biasanya terkesan tidak ramah, padahal seharusnya pelanggan (konsumen) dia adalah para pelajar yang seharusnya dilayani dengan baik untuk tetap mengeksistensi dirinya sendiri sebagai pegawai administrasi. Jika dia belajar atau paham mengenai pemasaran (marketing) dia akan mengetahui dengan pasti pelayanan seperti apa yang seharusnya dilakukan.

Ketiga memotivasi setiap orang dalam organisasi untuk menghasilkan nilai/produk yang unggul untuk pelanggannya sehingga bisa mencapai level yang tinggi.  Misalnya saja suatu perguruan tinggi, dimana terdapat jurusan dengan angka kepindahan mahasiswanya tinggi, ini berarti pelanggan (mahasiswa) mengalami ‘ketidakpuasan’. Oleh karena itu lembaga perguruan tinggi perlu paham pemasaran untuk menghasilkan nilai yang unggul pada jurusannya sehingga dapat mencapai level yang tinggi.

Selanjutnya, kami membahas pembahasan selanjutnya bersama Pak Amril, yaitu tentang “What is Marketing”, pada PPT itu tertulis “a social and managerial process by which individual and group obtain what the need and want throug creating and exchange product and value with others”. Pemasaran itu adalah sebuah proses secara sosial dan secara manajemen yang mana suatu individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan dengan cara menciptakan dan mengubah produk dan nilai dengan yang lainnya. Kata-kata yang dibold adalah kata-kata yang diberikan penekanan oleh Pak Amril saat penjelasan di kelas. Jadi, pemasaran itu bukanlah hal yang menjiplak atau meniru tanpa memodifikasi, melainkan menciptakan dan mengubah produk menjadi sesuatu yang disukai oleh pelanggan ataupun konsumen sasaran.

Selanjutnya membahas produk, produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi sebagai bahan pemuas kebutuhan dan keinginan pasar. Produk itu termasuk objek fisik, jasa, orang (dosen/guru), tempat (mall, ruko, dll.), organisasi (WO, EO,dll), dan ide-ide (arsitek, perancang gaun, dll). Jadi setelah mempelajari ini, kami menjadi lebih mengetahui bahwa produk bukan hanya sekedar barang fisik namun ada juga yang bersifat nonfisik seperti gagasan dan juga jasa.
Slide terakhir sekaligus pembagian tugas individu yaitu “Konsep Pemasaran”. Konsep pemasaran terdiri dari value (nilai), satisfaction (kepuasan), quality (kualitas), exchange (penukaran), transaction (transaksi), dan Relationship (hubungan). Di slide ini belum dibahas lebih dalam lagi karena ada pembagian tugas individu terkait slide ini.

Demikian resume perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar