Selasa, 17 Febuari 2015
Di Ruang 306 Fakultas Ilmu
Pendidikan, pertemuan tatap muka kedua pada mata kuliah Manajemen Pemasaran
Jasa Pendidikan. Peraturan mengenai perkuliahan sudah diterapkan pada pertemuan
kali ini. Awal pembahasan, kami membahas terkait tugas pertemuan yang pertama
yaitu mengenai “Mengapa Kita Perlu Mempelajari pemasaran?” . PPT yang digunakan
pada hari itu menggunakan bahasa inggris, namun dalam pembahasan ini saya
mencoba menjelaskan dengan bahasa Indonesia.
Pertama Banyak faktor yang dapat berkontribusi untuk membuat bisnis itu sukses.
Banyak sekali faktor yang dapat membuat bisnis itu sukses, misalnya saja pelanggan yang baik, cara atau teknik menjual, konsumen sasaran, dan lain-lain.
Kedua Bagaimana perusahaan itu
memuaskan konsumen yang menjadi sasarannya.
Seperti yang dijelaskan bahwa fokus utama suatu perusahaan itu tertuju pada pembeli, jadi perusahaan harus berupaya sedemikian mungkin untuk memuaskan konsumen yang menjadi sasaran bisnisnya. Misalnya saja pegawai-pegawai administrasi pendidikan yang biasanya terkesan tidak ramah, padahal seharusnya pelanggan (konsumen) dia adalah para pelajar yang seharusnya dilayani dengan baik untuk tetap mengeksistensi dirinya sendiri sebagai pegawai administrasi. Jika dia belajar atau paham mengenai pemasaran (marketing) dia akan mengetahui dengan pasti pelayanan seperti apa yang seharusnya dilakukan.
Seperti yang dijelaskan bahwa fokus utama suatu perusahaan itu tertuju pada pembeli, jadi perusahaan harus berupaya sedemikian mungkin untuk memuaskan konsumen yang menjadi sasaran bisnisnya. Misalnya saja pegawai-pegawai administrasi pendidikan yang biasanya terkesan tidak ramah, padahal seharusnya pelanggan (konsumen) dia adalah para pelajar yang seharusnya dilayani dengan baik untuk tetap mengeksistensi dirinya sendiri sebagai pegawai administrasi. Jika dia belajar atau paham mengenai pemasaran (marketing) dia akan mengetahui dengan pasti pelayanan seperti apa yang seharusnya dilakukan.
Ketiga memotivasi setiap orang
dalam organisasi untuk menghasilkan nilai/produk yang unggul untuk pelanggannya
sehingga bisa mencapai level yang tinggi.
Misalnya saja suatu perguruan tinggi, dimana terdapat jurusan dengan
angka kepindahan mahasiswanya tinggi, ini berarti pelanggan (mahasiswa)
mengalami ‘ketidakpuasan’. Oleh karena itu lembaga perguruan tinggi perlu paham
pemasaran untuk menghasilkan nilai yang unggul pada jurusannya sehingga dapat
mencapai level yang tinggi.
Selanjutnya, kami membahas
pembahasan selanjutnya bersama Pak Amril, yaitu tentang “What is Marketing”,
pada PPT itu tertulis “a social and managerial process by which individual and
group obtain what the need and want throug creating and exchange product and
value with others”. Pemasaran itu adalah sebuah proses secara sosial dan secara
manajemen yang mana suatu individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka
inginkan dan butuhkan dengan cara menciptakan dan mengubah produk dan nilai
dengan yang lainnya. Kata-kata yang dibold adalah kata-kata yang diberikan
penekanan oleh Pak Amril saat penjelasan di kelas. Jadi, pemasaran itu bukanlah
hal yang menjiplak atau meniru tanpa memodifikasi, melainkan menciptakan dan
mengubah produk menjadi sesuatu yang disukai oleh pelanggan ataupun konsumen
sasaran.
Selanjutnya membahas produk,
produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan untuk diperhatikan, diminta, dicari,
dibeli, digunakan, atau dikonsumsi sebagai bahan pemuas kebutuhan dan keinginan
pasar. Produk itu termasuk objek fisik, jasa, orang (dosen/guru), tempat (mall,
ruko, dll.), organisasi (WO, EO,dll), dan ide-ide (arsitek, perancang gaun,
dll). Jadi setelah mempelajari ini, kami menjadi lebih mengetahui bahwa produk
bukan hanya sekedar barang fisik namun ada juga yang bersifat nonfisik seperti
gagasan dan juga jasa.
Slide terakhir sekaligus
pembagian tugas individu yaitu “Konsep Pemasaran”. Konsep pemasaran terdiri
dari value (nilai), satisfaction (kepuasan), quality (kualitas), exchange
(penukaran), transaction (transaksi), dan Relationship (hubungan). Di slide ini
belum dibahas lebih dalam lagi karena ada pembagian tugas individu terkait
slide ini.
Demikian resume perkuliahan
Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar