Halaman

Sabtu, 14 Maret 2015

Resume Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Pertemuan Ke-4



Di ruang 306, kami memulai perkuliahan
Minggu ini materinya mengenai Analisis lingkungan pemasaran,  pemasaran itu diperngaruhi lingkungan baik internal maupun eksternal. Pertama-tama kami dijelaskan mengenai pengertian lingkungan pemasaran:\

Marketing environment
“The actors and the forces outside marketing that affect marketing management’s ability to develop and mantain successful transaction with its target costumers.”
Pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan sasarannya Ini artinya bagaimana kita menjadi sukses agar nantinya banyak orang yang membeli produk kita.
Marketing enviroment (Lingkungan pemasaran) terbagi menjadi dua yaitu: microenviroment and macroenvironment. Microenvironment biasanya berasal internal, sedangkan macroenvironment biasanya berasal dari luar

1.    Microenvironment the forces close to the company that affect, its ability to serve to target costumer. Kekuatan yang paling dekat dengan perusahaan yang langsung mempengaruh pelayanan perusahaan terhadap konsumen.
>Example: the company itself, suppliers, market channel firms, costumer markets, competitors, and public. (perusahaan itu sendiri, pemasok barang, jaringan atau agen penjualan, pelanggan, pesaing, dan masyarakat)
Misalnya saja seperti kfc yang mempunyai petani andalan untuk penyedia kentang, jadi dia tidak membeli dengan produsen lain melainkan dia memproduksi sendiri.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam microenvironment:
·      Marketing management’s job is to attack and build relationship with costumers by creating costumer value and satisfaction. Pekerjaan Pemasaran manajemen adalah untuk menyerang dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan menciptakan nilai pelanggan dan kepuasan.
·      However, marketing managers cannot accomplish this task alone. Bagaimanapun, manajer marketing tidak bisa kerja sendirian. mis. Memasarkan mahasiswa kajur membutuhkan mahasiswa juga dalam membentuk kualitas lulusan
·      Their succes depends on another factor’s microenviroment. (kesuksesan mereka dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan mikro lain)

Lingkungan mikro (Microenvironment) itu sendiri terdiri dari:
a.      The company
-   Top management (kepribadian dan tampilan yang bagus)
-   Financial (keuangan)
-   Riset and development
-   Purchasing (pembelian) Sesuai jadwal atau tidak barang yang datang
-   Manufacturing (proses produksi) Jumlah, kualitas, fitur-fitur pendukung.
-  Accounting (pencatatan keuangan) Harus jelas dalam pencatatan keuangaan. Sehingga keuangan dengan jadwal singkron.

b.      Suppliers
Provide the resources needed by the company to produce its good and services. Menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasa.
>watch supply availability (maksudnya harus di survey atau meneliti terlebih dahulu)
>Monitor the price trend of their key inputs (maksudnya input-input penting itu harganya ada dimana) contohnya: McD kentang dan ayamnya dia berasal dari plasma dimana ada penjual khusus.

c.       Markeitng intermediaries
1.  Firm that help the company to promote, sell, and distribute its good to final buyer. Perusahaan yang membantu perusahaan untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan yang baik kepada pembeli akhir. (misalnya produk HONDA lebih memilih perusahan jasa lain untuk mendistribusikan produknya)
2.     They include reseller, physical distribution firm, marketing service agencies, and financial intermediaries.  Mereka termasuk reseller, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan. (misalnya, ada yang ingin sekolah ke luar negeri maka menggunakan agensi dari luar yang berada di indonesia) , misalnya kartu kredit.

d.      Cutomer
1.    Costumer markets
2.    Bussines markets (menjual ulang suatu barang tapi tidak mengubah merek)
3.  Reseller markets (menjual ulang tapi mengubah merek terlebih dahulu) misalnya membeli baju kemudian kita membuat merk kita sendiri saat menjualnya nanti.
4.    Government markets (misalnya kantor2 atau kampus) dengan tender biasanya
5.    International markets (misalnya penjualnya barang-barang ekspor, tidak dijual didalam negeri)

e.       Publik
1.      Financial publics
2.      Media publics
3.  Government publics (masyarakat pemerintah, misalnya dengan biasa dengan istana berbeda dengan harga bagi masyarakat biasa)
4.    Citizen-action publics (kelompok-kelompok yang demo) misalnya demo anti sterefoam. Dimana ketika demo, perusahan mau tidak mau terganggu dan mengalami perubahan
5.  Local publics. tuntutan masyarakat lokal untuk mendapatkan pekerjaan (buat sekolah atau perusahaan menerima pegawai dari orang lokal tersebut)
6.      General public (masyarakat secara umum)
7.  Internal public (masyarakat dalam perusahaan tersebut) misalnya anak dosen mendapatkan potongan harga .

2.    Macroenvironment (Lingkungan Makro)
Terdiri dari:
           a.  Demografic Environment
1. Size ; ukuran atau jumlah
2. Density (kepadatan) misalnya saja banyak perusahaan mendirikan kantor atau pusat perdagangan di Jakarta, ini karena jakarta padat dan otomatis banyak orang dan banyak yang membeli.
3. Location (lokasi) semakin jauh dari pusat kota maka semakin mahal. Mis. Harga bbm di papua lebih mahal
4. Age (usia)  mis. Sekolah di tk lebih mahal daripada di smp
5.  Gender (jenis kelamin). Misalnya di pesantren putri, menjual rok bukan jeans
6.  Race (Ras) misalnya rumah makan padang, tidak full padang rasanya
7. Occupation (pekerjaan). Misalnya: Karena lingkungan kampus maka kebanyakan usaha fotocopy, print
8. Other statistic. Data-data yang lain. Misalnya saja Ada banyak orang besar maka ada toko untuk menjual barang2 atau baju bigsize. Biasanya tidak banyak.

          b.     Economic Environment
1.    Buyng power Misalnya saja di Jakarta pada akhir bulan adalah buying power karena pada saat itu adalah saat-saat pegawai diberi gaji.
2.    Spending pattern (pola pengeluaran) Misalnya saja Jasa kredit

          c.      Natural Environment
1.  shortage of raw materials
2.  increased cost of energy (kenaikan biaya energi) mis. Kenaikan harga Listrik dan bbm.
3. Increased pollution (peningkatan polusi) mis. Dilarangnya pabrik di jakarta
4. Goverment intervention in natural resouces management, intervensi pemerintah berpengaruh (mis. Dilarang impor beras berpengaruh terhadap keadaan petani di Indonesia)

          d.    Technological Environment
1.  New technologies (teknologi baru) miusalnya mesin pencuci mobil)
2.  Creating new product. (produk baru) misalnya kue dengan baru dan topping yang berbeda
3.   market opportunities (peluang pasar) mis. HP
4.   fast pace of technological change (Kecepatan perubahan teknologi) mis. Busway itu 4 tahun
5.    high H&D budgets (anggaran untuk research)
6.    concentration on minor improvement (mis. Mainan mobilan lebih canggih lagi)
7. increased regulation (regulasi terhadap teknologi) mis. Regulasi supaya perusahaan hars limbahnya dapat diolah

           e.   Political Environment
1.      lows (ada batas-batasan terendah yang perlu dibeli)
2.      goverment agencies (misalnya suatu badan untuk membuat izin usaha)
3.      pressure group (misalnya pressure suatu LSM, partai, kelompok masyarakat
4.      legislation regulation business (berkaitan dengan regulasi)
5.      changing government (perubahan pemerintahan)
       
            f.  Cultural Environment
1.      persistance of cultural value (ketekunan nilai budaya) misalnya ada suatu budaya tidak boleh ada tv atau listrik
2.      shifts in secondary cultural value (nilai budaya kedua)
a)      People’s view of themselves
b)      People’s view of others (bagaimana melihat orang lain)
c)      People’s view of organizations
d)     People’s view of society (masyarakat)
e)      People’s view of nature (bagaimana memandang alam)
f)       People’s view of universe
-          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar