Halaman

Senin, 27 April 2015

Resume Perkuliahan Pertemuan ke-10: KONSEP MEREK DAGANG DAN KONSEP NILAI DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN



Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan pada pertemuan ke 10 ini tidak bersama Pak Amril, melainkan presentasi kelompok, berikut ini adalah resume perkuliahan pertemuan ke-10

A.   Pengertian Merek Dagang
1.       Undang-Undang RI Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek
Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan
2.       Kotler
Merek adalah sebuah nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan atau bahkan kombinasi dari semuanya tadi, yang dimaksudkan untuk menyebutkan barang-barang atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjual agar terbedakan dari para pesaingnya.
3.       Bruce J. Walker
Merek adalah suatu nama, istilah, tanda atau desain atau gabungan semua yang diharapkan mengidentifikasikan barang atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjualan.
Dari ketiga pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian merk adalah suatu tanda yang berupa gambar, nama, istilah, angka, huruf atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut untuk menyebutkan barang atau jasa dari penjual agar terbedakan dari para pesaingnya.


B.   Manfaat Merek Dagang
1.        Bagi Konsumen
a.    Mempermudah konsumen meneliti produk atau jasa.
b.    Membantu konsumen atau pembeli dalam memperoleh kualitas barang yang sama, jika mereka membeli ulang serta dalam harga.

  1. Bagi Penjual
a.    merek memudahkan penjualan untuk mengolah pesanan pesanan dan menekan permasalahan
b.    Membantu penjual mengawasi pasar mereka karena pembeli tidak akan menjadi bingung
c.    Memberi penjual peluang kesetujuan konsumen pada produk
d.    Membantu penjual dalam mengelompokan pasar ke dalam segmen-segmen.
e.    Citra perusahaan dapat dibina dengan adanya merek yang baik
f.     Dengan merek akan melindungi penjualan dari pemalsuan ciri-ciri produk tersebut


C.   Fungsi Merek
Fungsi dari merek itu ada  yaitu:
1.    Fungsi identitas
Merek berfungsi sebagai identitas dari barang atau jasa penjual, dimana dengan adanya merek produk yang kita miliki jadi teridentifikasi sendiri di mata masyarakat dan juga sebagai pembeda dengan produk yang dimiliki oleh para pesaing.
2.    Fungsi kualitas
Dengan adanya merek, pembeli menjadi mengetahui seberapa besar kualitas produk yang dimiliki penjual. Biasanya kita pun sebagai konsumen akan memandang kualitas produk dari merek yang tertera pada labelnya. Merek itupun menggambarkan kualitas produk tersebut, terlebih lagi merek tersebut sudah terkenal.
3.    Fungsi loyalitas
merek juga dapat membuat pembeli bertahan pada produk penjual. Ini dikarenakan pembeli sudah mengetahui merek, dan merek tersebut menjadi pembeda dengan produk yang sejenis yang dimiliki oleh pesaing lain.
4.    Fungsi citra/image
Merek dapat membuat produk kita mempunyai gambaran atau citra di dalam masarakat, terlebih jika didorong dengan kualitas yang tinggi akan membuat citra produk kita semakin baik di mata masyarakat.


D.   Membangun Merek Yang Kuat
1.    Brands positioning (Penempatan Merek)
2.    Brand Name Selection (Seleksi Nama Merek)
3.    Brand sponsorship (Sponsor Merek)
4.    Brand development (Mengembangkan Merek)
5.    Managing brand


E.    Nilai
Ahli ekonomi abad ke-19, berpendapat bahwa nilai adalah suatu konsep subyektif, bukan suatu konsep obyektif. Konsumen menentukan nilai suatu produk sesuai dengan kapasitas produk itu untuk memuaskan keinginannya. Para konsumen dianggap memilik satuan ukuran tentang kemanfaatan, yakni mereka dapat menentukan suatu angka yang dapat diukur untuk setiap produk atau setiap himpunan produk yang terikat menjadi satu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar